Si Robot Beruang Penggendong Manusia dari Jepang


Tak Gendong Kemana-mana, tak gendong kemana-mana… itulah sekelumit lirik dari syair “Tak Gendong” yang dilantunkan Mbah Surip (almarhum) yang sempat heboh tempo hari belakangan ini. Ya begitulah ungkapan yang tepat untuk mengilustrasikan kabar dari Jepang ini.

Hm, tampaknya tak ada habis-habisnya kabar menarik sekaligus inovatif yang berhembus dari negera maju yang memiliki teknologi tinggi ini. Bayangkan setiap saat akan ada saja kabar mengenai kehadiran robot dari perancang-perancang handal disana.

Baru-baru ini saja telah terbersit kabar tentang kehadiran robot beruang yang imut yang mampu mengangkat (menggendong) manusia. Pasalnya perusahaan pembuat robot RI-MAN telah mampu menciptakan sebuah robot yang mampu mengangkat dan mengangkat beban seberat ukuran manusia dewasa sekalipun. Dengan tampilan model yang terbaru ini, robot ini dirancang seperti seekor beruang yang imut yang tidak dilengkapi dengan gigi dan cakar yang khas . Meskipun berpenampilan seperti binatang beruang, namun robot ini mampu mengangkat beban dengan sangat lembut dan menyenangkan sehingga Anda tak perlu takut dan khawatir  saat digendong.

Mengadopsi RIBA (Robot for Interactive Body Assistance), robot model terbaru ini memang dimaksudkan paling tidak menyerupai robot perawat yang mampu membantu manusia. Selain itu dilaporkan pula kalau robot ini mampu mengangkat pasien hingga 235 kg (bisa seukuran beban tempat tidur ataupun kursi roda). Dalam melakukan fungsinya, robot ini menggunakan sensor dan beberapa bahan khusus “soft skin” yang menjamin beban yang diangkat selama perjalanan akan merasa nyaman dan menyenangkan. Yuk..tak gendong yuk mbak !

Sumber:http://www.beritateknologi.com/si-robot-beruang-penggendong-manusia-dari-jepang/

Posted on September 15, 2009, in Artikel and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: