Tips untuk pemula linux


Sering orang yang akan memulai menggunakan linux mengeluhkan berbagai masalah dalam linux, misalnya driver hardware, susah menggunakannya, ribet, dan lain tetekbengeknya. Padahal jika mau telah linux mempunyai kelebihan tersendiri dari pada OS lainnya. Di sini akan dijelaskan beberapa kelebihan dari sistem operasi Linux/UNIX dibandingkan dengan dengan sistem operasi yang lain. Dan berikut ini adalah beberapa fakta dari hal-hal yang menguntungkan dengan menggunakan program dan file-file Linux/UNIX :

  • Pada dasarnya semua data tersimpan di dalam harddisk walau ada beberapa kondisi dimana data tersimpan di disket. Linux/UNIX memberikan beberapa proses spesial dimana terminal, printer dan device hardware lainnya dapat diakses seperti kita mengakses file yang tersimpan dalam harddisk atau disket.
  • Ketika program dijalankan, program tersebut dijalankan dari harddisk ke dalam RAM dan setelah dijalankan akan dinamakan sebagai proses.
  • Linux/UNIX menyediakan servis untuk membuat, memodifikasi program, proses dan file.
  • Linux/UNIX mendukung struktur file yang bersifat hirarki.
  • Linux/UNIX adalah salah satu sistem operasi yang termasuk ke dalam kelas sistem operasi yang dapat melakukan multitasking. Multitasking sendiri adalah keadaan dimana suatu sistem operasi dapat melakukan banyak kerjaan pada saat yang bersamaan.
  • Selain multitasking, Linux/UNIX juga dapat mendukung multiuser. Yaitu sistem operasi yang pada saat bersamaan dapat digunakan oleh lebih dari satu user yang masuk ke dalam sistem. Bahkan untuk Linux juga mendukung untuk multiconsole dimana pada saat bersamaan di depan komputer langsung tanpa harus melalui jaringan dan memungkinkan lebih dari satu user masuk ke dakam sistem.

Untuk masalah driver,saya rasa sama aja jika di suatu hardware tidak terdapat drivernya kita juga sama harus mencarinya di toko tempat kita beli atau ke internet. jika linux biasa udh disediakan oleh linux itu sendiri atau jika hardwarenya baru bisa update kernel atau browsing ke internet serta tanya ke forum. Lebih mudahkan dari pada yang lainnya.

Kemudahan linux juga makin terasa dengan tampilan yang menarik dan user friendly, tinggal masalah kebiasan aja. Jadi bagi pemula linux pilahan linuxnya menentukan anda makin cinta terhadap linux. Linux yang mudah untuk digunakan seperti Ubuntu, PCLinux, Mandriva, atau produk dalam negeri BlankOn, yang semuanya mudah dan layangan konsultasi(Komunitas) yang banyak se Indonesia. Pokonya jangan menyerah saja.

Berikut ada tips bagai para pemula yang baru kenal linux nich:

Tips 1:
Mengenai problem loading windows partisi di linux
[hendr4@localhost]# mount /dev/hda1 -t vfat /mnt/win
Dan jangan lupa sebelum shutdown ketik “unmount”
[hendr4@localhost]# umount /mnt/win
Tip 2:
bikin Boot disk
[hendr4@localhost]# mkbootdisk –device /dev/fd0 2.2.x-yy
dimana “2.2.x-yy” adalah versi dari kernel.
want to know bout u kernel version?gampang..
ketik aja “uname -a” di consolenya.
Tip 3:
Bila X Server kita Crash, tinggal jalankan kombinasi key ini [Ctrl+Alt +Bksp], itu akan mengembalikan sistem ke sedia kala..
Tip 4:
“ls” pasti lo semua da tau fungsinya, tapi ada alternatif laen bila suatu saat “ls” ga bisa dan system lo crash. Jawabannya adalah “echo”
simple khan echo akan memberikan kita list dari file dan folder sama seperti “ls” but lebih powerfull.
[hendr4@localhost]$ echo *
Tip 5:
Ngedelet karakter ‘-‘
[hendr4@localhost]$ echo something > -tmp
coba delete file ‘-tmp’..
[hendr4@localhost]$ rm -tmp
rm: invalid option — t
Coba rm –help untuk informasi lebih lanjut
[hendr4@localhost]$
weleh-weleh ga bisa didelete tuh…slow aja men
coba ‘–‘
[hendr4@localhost]$ rm — -tmp
[hendr4@localhost]$ rm “./-tmp”
“./” artinya lihat pada directori file ‘-tmp’ dan delete.
para crackers slalu membuat files seperti “-r *”.
[hendr4@localhost]$ echo hye >”-r *”
Jadi bila kita nemuin file yg berkarakter ‘-‘ dan lo orang mo ngedeletnya don’t try a fool tries to delete file using command “rm -r *” !!
Coba cara diatas coz “rm -r *” will deleting just one file it will just delete all the files in the system !! fool ha
[hendr4@localhost]$ rm “./-r *”
Tip 6:
untuk mengetahui DNS, NameServer dan Mail Server sebuah host
[kodokhunt@ubuntu:/]$ dig http://www.linux.or.id

Tips untuk Pengguna Linux Pemula ( Newbie ) berikutnya:

1. untuk mencoba Linux jangan langsung menggunakan distro yang berat, gunakan dulu distro live cd seperti slax, alixe, nimble-x, puppy, dsl dll.
2. kemudian gunakan live cd yang bisa di instal pada mode grafis seperti wolvix, ubuntu, linuxmint dll.
3. pelajari dahulu konsep pembuatan partisi di linux, klo bisa belajar buat partisi ext3 atau jenis partisi linux lainnya di virtual box atau vmware yang sudah saya sediakan dikoleksi freeware, klo mau langsung bikin di hdd pc, jgn lupa backup dulu data penting kita, daripada menyesal kemudian tiada guna.
4. untuk yang mau dual boot antara linux & winxp, buatlah partisi linux di partisi extended krn bila ditempatkan dipartisi aktif (primary) baik linux atau winxp tidak bisa booting.
5. untuk menginstall linux setidaknya diperlukan 2 partisi yaitu linux swap yang besarnya minimal 2x ram pc kita dan partisi root yang besarnya terserah tergantung kapasitas hdd yang belum terpakai.
6. pembuatan partisi bisa dilakukan dengan tool fdisk atau cdisk, tapi untuk yang alergi sama command line sebaiknya pake gparted.
7. gparted sudah disertakan di distro puppy linux atau wolvix, tampilan grafis gparted hampir sama dengan partition magic (windows).
8. setelah sukses dengan partisi linux, kita instal distro yang “mudah” seperti mandriva, freespire, linux mint, wolvix, zenwalk, zencafe (semua multimedia ready), terus ditingkatkan ke distro2 lain seperti ubuntu, fedora, centOS, openSUSE, slackware (untuk user advance) sampai ketemu yang paling cocok dengan selera kita, klo pengen yang pake bahasa Indonesia pake aja Blank-On distro anak bangsa yang sudah multimedia ready.
9. klo mau nambah-nambah program dilinux tapi masih bingung dengan paket instalasi dan file dependency, silahkan install distro yang sudah menyertakan WINE, misalnya Dewa Linux.
10. Dewa Linux tampilan temanya bisa diubah mirip dengan windows xp atau windows vista, sehingga newbie bisa langsung familier, selain itu sudah menyertakan WINE, jadi kita tinggal mengumpulkan program portable windows misalnya seperti yang banyak disediakan di http://portableapps.com/ atau tinggal googling aja di web
11. program portable yang biasanya kita bawa ke mana2 dalam USB Flasdisk ini 100% berjalan lancar di Linux dengan menggunakan WINE, misalnya 7-zip portable(Compress File), CubicExplorer (seperti windows explorer), DeepBurner portable (burning cd/dvd tool), fast stone image viewer, foxit reader, sumatraPDF, FreeCommander (seperti windows comander), LC ISO Creator, Radio Control (Game), Wesnoth (Game Strategy), PowerDVD Portable, Cool Player (MP3 Player), Photoshop CS3 Portable, Corel Draw X3 Portabl.

Dikutip dari linux.or.id

Posted on Maret 11, 2009, in Artikel and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Hai…

    sLm KeNaL…

    bLog nYa baguZ bgd…

    maMpir_maMpir doNkz ke bLog aQ…
    http://chakhy.wordpress.com

  2. @chakhy
    Masih tapi ini juga baru belajar

  3. wah blognya keren

    informasiny juga bgus2….

    dengan ini saya bisa belajar dengan baik……

    oh ya kak jangan lupa kunjungi blog saya

    http://fakhrul92.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: