LKS Jatim 2009 (begin newbe Linux)


Liburan kemaren saya melakukan pelatihan administrasi jaringan linux untuk SMKN. Pikir saya paling yang akan saya ajarkan mudah-mudh tapi nyatanya susah-susah. Hal-hal yang diajarkan adalah:

  • Setting IP
  • DNS
  • Webserver
  • DHCP
  • Mail Server
  • Web Mail
  • HTTP
  • Proxy

Dan Pastinya hal-hal lainnya yang terkait dalam administrasi jaringan dengan menggunakan Linux Debian versi woody. Kami sendiri di mintai mengajarkan semua hal yang diatas meski dengan ilmu yang pas(*Red pas pada batas terbawah), karena para guru-guru disana masih asing terhadap linux. Mereka hanya mengajarkan teori-teori saja dalam sehari-hari padahal SMK harunya juga melakukan praktek.

Hal ini terkait dengan lomba yang akan diiukuti SMKN 1 Pakong pada hari ini 10 Maret 2009 di Kediri, tepatnya di SMK Negeri 1 Kediri. SMK Negeri 1 Pakong sendri mungkin satu-satunya SMKN se-Madura yang mengikuti lomba tersebut. Bermodalkan keberanian dan ilmu yang terbatas mereka berangkat ke lomba LKS Jatim 2009. Tetap Semangat aja buat temen-temen linux, adik-adik, dan terus sebarkan kebebasan linux di Madura.

Posted on Maret 11, 2009, in Artikel and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Saya warga Madura yang berada di Kota Surabaya sejak tahun 1970 membaca artikel diatas dan melihat lokasi sekolah yang berada di Pakong Pamekasan cukup salut keberadaan sekolah ini. Berarti Madura sudah berkembang pesat dalam pengembangan pendidikan. Salam dari Surabaya

  2. salam balik buat yang disana dan bravo Pendidikan Madura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: