Mengatasi Min-Height pada Css


Suatu hari saya mengalami masalah dengan pengaturan tinggi dari website yang saya bangun. Padahal pada browser tertentu dia berjalan dengan baik tanpa ada masalah perbedaan bentuk layout, apalagi di Win** dengan browsernya IE(*ruet banget ngaturnya).

Secara harfiah tinggi jika mensetnya dengan perintah:

height:auto;
min-height:1180px

maka tinggi dari element yang kita bikin maka akan menyesuaikan dengan element yang ada didalamnya. sehingga tingga elemet tersebut tergantung dengan element yang didalamnya. Untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan berikutnya, kita perlu mengatur tinggi minimum dari element tersebut. Hal ini penting agar tinggi memiliki kepastian yang tetap sehingga tidak akan mengurangi keindahan dari website kita.

Kemudian muncul permasalahan, karena tiap browser memiliki tingkat kesensitifan yang berbeda terhadap css sehingga perlu trik khusus untuk menanganinya. Berikut asalah satu contoh hacking terhadap css-nya:

height:expression(this.scrollHeight < 1180 ? "1180px" : "auto"  ); /* sets min-height for IE */ min-height:1180px; /* sets min-height value for all standards-compliant browsers */[/sourcecode]

Script diatas dapat digunakan untuk mengatur tinggi minimum element sehingga element memiliki nilai dan tidak terlalu besar dipengaruhi oleh element lainnya. Sekian dulu…..

Posted on November 30, 2008, in CSS and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: