Potret Suramadu (Jembatan Penghubung Surabaya dan Madura)


suramadu1Akhirnya Jembatan terpanjang se-Indonesia dan Terpanjang se-Asia Tenggara telah rampung. Peresmiannya sendiri berlangsung pada 10 Juni 2009 yang diresmikan sendiri oleh presiden Republik Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudoyono, dengan lancar dan tanpa halangan berarti.

Jembatan Suramadu ini akan menghubungkan antara kota Surabaya di Pulau Jawa dan Kota Bangkalan di Pulau Madura yang terbentang sepanjang 5,4 kilometer, keberadaan jembatan tersebut diharapkan akan memperlancar lalu lintas barang dan jasa dalam meningkatkan perekonomian juga menjadi ikon perubahan bagi Madura. Proyek ini kelak diharapkan dapat mengukir sejarah baru dalam perkembangan transportasi di Indonesia karena untuk pertama kalinya dibangun jembatan penghubung antar dua pulau, sekaligus menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Jembatan Suramadu membentang melintasi selat Madura sepanjang 5.4 km. terdiri dari Causeway sepanjang 1.4 km untuk sisi Surabaya dan 1.8 km untuk sisi Madura. Approach Bridge masing – masing sepanjang 672 m pada kedua sisi serta jembatan utama yang terbentang sepanjang 818 m.

Pembangunan suramadu sendiri bukan tanpa kendala, pada saat pembangunanya banyak menghadapi permasalahan yang kelasik seperti dana dan korban jiwa karena kelalaian dalam kerja. Belum lagi pertentangan yang muncul dari sana-sini yang mempermasalhkan dampak negatif dari pembangunan jembatan suramadu ini. Tapi semua itu tidak cukup kuat mengalahkan kemegahan dari Jembatan Suramadu.

Berikut beberapa potret Suramadu dari beberapa cerita:

Harapanq :semoga jembatan ini akan membawa kesejahteraan bagi semua pihak dan masing-masing daerah. Dengan adanya Suramadu ini semoga kian kecil jurang pemisah antara Madura dan Jawa umumnya, serta semoga Suramadu dapat membantu berkembangnya Madura menjadi kota yang lebih besar dengan segala keridhoan Ilahi… Amien

About these ads

Posted on Juni 18, 2009, in Artikel and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. kira2 jembatannya kuat gk yah??

  2. @cornelius
    katanya garansinya 150 tahun surmadu masih kuat, jadi pertanyaannya habis itu apakah sudah selesai suramadu???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: